LSK Otomotif TKR, Sertifikasi Kompetensi Peserta Didik Otomotif LPPT Riau Cipta Mekanik (RCM) Pekan baru

Advertisement

Selamat datang di Analisis Terkini, Apto Indonesia #Mari kita sambut tahun 2024 dengan penuh optimis - Menjaga kebersihan lingkungan sekitar - Mengurangi penggunaan plastik dan mendukung praktik daur ulang - Berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan dan pelestarian alam, Serta bangun kondusifitas menjelang Pemilihan Umum 2024.
Gambar_Langit

Berita Terbaru

Banner

LSK Otomotif TKR, Sertifikasi Kompetensi Peserta Didik Otomotif LPPT Riau Cipta Mekanik (RCM) Pekan baru

Pembelajar
Selasa, 28 Desember 2021



Apto Online- Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Teknik (LPPT) Riau Cipta Mekanik (RCM) melaksanakan uji kompetensi otomotif teknik kendaraan ringan kerja sama antara Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI.  Dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Otomotif Kendaraan Ringan, dan TUK Riau Ciptamekanik Tahun 2020.


Hadir pada acara pembukaan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang diwakili olehKabid PAUD dan PN Hajah.Erma.M.P d. Penguji Sertifikasi Kompetensi Otomotif  Teknik Kendaraan Ringan. Ketua Tempat Uji Kompetensi Riau Cipta Mekanik, Sumarsono ST. Selain itu juga perusahaan mitra kerjasama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Teknik Riau Cipta Mekanik seperti
PT  Agung Automall Toyota,  
PT. Arista Auto Prima (Honda Arista),
PT.Pahala Internasional DIPO Mitsubishi,
PT. Sejahtera Buana Trada
PT Sedayu Citra Mobi  

"Mengacu pada Permendikbud No 70 tahun 2008.  LPPT Riau Cipta Mekanik telah memperoleh kepercayaan dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi Otomotif Kendaraan Ringan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Oto TKR," ujar Direktur LPPT RCM Amiruddin M Amin.S.E,MM.

Untuk itu selama dua hari ke depan tim penguji akan langsung ke turun melakukan uji kompetensi peserta didik di LPPT.RCM. Pada kesempatan itu Amiruddin juga menyampaikan kilas balik apa yang telah dicapai oleh LPPT RCM antara lain Juara pertama Lomba Pengelola Kursus dan Pelatihan Provinsi Riau Tahun2015.

Juara pertama Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Bidang Kejuruan Otomotif Provinsi Riau Tahun 2016.  Juara pertama Lomba Peserta Didik Kursus dan Pelatihan Kejuruan Otomotif Sepeda Motor Provinsi Riau Tahun 2016.

Juara Pertama Lomba Asean Skill Competition (ASC) Kejuruan Otomotif Mobil Provinsi Riau Tahun 2017. Memperoleh  Akreditasi tertinggi dengan Nilai A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF Tahun 2018. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Kabid PAUD dan PN Hajah.Erma.M.P d menyatakan dukungannya pada LPPT.RCM yang serius membangun SDM di Riau. “Sudah terbukti ikut berperan dalam menciptakan SDM yang kompeten di bidang otomotif di Provinsi Riau bahkan berskala nasional,” ujarnya lagi.

Secara Terpisah, Penguji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Kompetensi Otomotif  Teknik Kendaraan Ringan, Budi Darmawan, S.P d, M.S i dan Firman Rusdy, S.P d, M.S i  mengatakan bahwa seusai Permendikbud Nomor 70 Tahun 2008, bahwa setiap hasil belajar dari lembaga pendidikan non formal wajib dievaluasi dan harus memenuhi standar. "Hasil uji kompetensi ini diakui secara nasional karena ada standar dan modul yang terukur," ujarnya. Ia menyebutkan lulusan RCM ini berada pada jenjang tiga. "Maksudnya kemampuan skillnya setara dengan lulusan SMK," ujarnya.